Sifat Orang Jepang Yang Patut Ditiru

1 comment
Hallo Sahabat Blogger. Pada aritikel kali ini saya akan memberi tahu kalian Sifat Orang Jepang Yang Patut Ditiru oleh kita. Jepang terkenal dengan ilmu pengetahuan dan ilmu teknologinya yang maju. Namun di balik semua itu, Jepang memiliki tradisi turun temurun yang sekiranya pantas untuk kita tiru (wajib ditiru). Disini ada beberapa tradisi warga Jepang yang di wariskan kepada anak cucu mereka yang membuat mereka hebat dalam segala hal.

1. Kerja Keras

Sudah menjadi rahasia umum bahwa bangsa Jepang adalah pekerja keras. Rata-rata jam kerja pegawai di Jepang adalah 2450 jam/tahun, sangat tinggi dibandingkan dengan Amerika 1957 jam/tahun, Inggris 1911 jam/tahun, Jerman 1870 jam/tahun, dan Perancis 1680 jam/tahun. Seorang pegawai di Jepang bisa menghasilkan sebuah mobil dalam 9 hari, sedangkan pegawai di negara lain memerlukan 47 hari untuk membuat mobil yang bernilai sama. Seorang pekerja Jepang boleh dikatakan bisa melakukan pekerjaan yang bisanya dikerjakan oleh 5-6 orang. Pulang cepat adalah sesuatu yang boleh dikatakan "agak memalukan" di Jepang, dan menandakan bahwa pegawai tersebut termasuk "yang tidak dibutuhkan" oleh perusahaan.

2. Malu

Malu adalah budaya leluhur dan turun temurun bangsa Jepang. Harakiri (bunuh diri dengan menusukkan pisau diperut) menjadi ritual sejak era Samurai, yaitu ketika mereka kalah dari pertempuran. Masuk kedunia modern, wacananya sedikit berubah ke fenomena "mengundurkan diri" bagi para pejabat (mentri, politikus,dsb..) yang terlibat kasus korupsi atau merasa gagal dalam menjalankan tugas.

3. Hidup Hemat

Orang Jepang memiliki semangat hidup hemat dalam keseharian. Sikap anti konsumerisme ini nampak dalam berbagai bidang kehidupan.

4. Loyalitas

Loyalitas membuat sistem karir disebuah perusahaan berjalan dan tertata dengan rapi. Sedikit berbeda dengan sistem di Amerikan dan Eropa, sangat jarang orang Jepang yang berpindah-pindah pekerjaan. Mereka biasanya bertahan di satu atau dua perusahaan sampai pensiun.

5. Inovasi

Jepang bukan bangsa penemu, tapi orang Jepang mempunyai kelebihan dalam meracik temuan orang dan kemudian memasarkannya dalam bentuk yang diminati oleh masyarakat. Teknik perakitan kendaraan roda empat juga bukan diciptakan orang Jepang, patennya dimiliki orang Amerika. Tapi ternyata Jepang dengan inovasinya bisa mengembangkan industri perakitan kendaraan yang lebih cepat dan murah.

6. Pantang Menyerah

Sejarah membuktikan bahwa Jepang termasuk bangsa yang tahan banting dan pantang menyerah.

7. Budaya Baca

Jangan kaget kalau kalian datang ke Jepang dan masuk ke densha (kereta listrik), sebagaian besar penumpangnnya baik anak-anak maupun dewasa sedang membaca buku atau koran. Tidak peduli duduk atau berdiri, banyak yang memanfaatkan waktu di densha untuk membaca.

8. Kerjasama Kelompok

Budaya di Jepang tidak terlalu mengakomodasi kerja-kerja yang terlalu bersifat individualistik. Termasuk klaim hasil pekerjaan, biasanya ditunjukan untuk tim atau kelompok tersebut. Fenomena ini tidak hanya di dunia kerja, kondisi kampus dengan lab penelitiannya juga seperti itu, mengerjakan tugas mata kuliah biasanya juga dalam bentuk kelompok.

9. Mandiri

Sejak usia dini anak-anak dilatih untuk mandiri. anak TK disana harus membawa 3 tas besar berisi pakaian ganti, bento (bungkusan makan siang), sepatu gantu, buku-buku, handuk dan sebotol besar minuman yang digantungkan dilehernya. Setiap anak dilatih membawa perlengkapannya sendiri dan bertanggung jawab terhadapa barang miliknya sendiri.

10. Jaga Tradisi & Menghormati Orang Tua

Perkembangan teknologi dan ekonomi, tidak membuat bangsa Jepang kehilangan tradisi dan budayanya. Budaya perempuan yang sudah menikah untuk tidak bekerja masih ada dan hidup sampai saat ini. Budaya minta maaf masih menjadi reflek orang Jepang. Kalau suatu hari kalian naik sepeda di Jepang dan menabrak pejalan kaki, maka jangan kaget kalau yang kalian tabrak malah yang meminta maaf duluan.

Kalian sudah tahu bukan Sifat Orang Jepang Yang Patut Ditiru. Semoga artikel diatas dapat membantu dan bermanfaat untuk anda. Jangan lupa Share ke teman kalian juga OKE!!! Terima Kasih. 

1 comment:

  1. hi bayu, bolehkah saya meminjam foto mu? saya ingin mengikuti lomba blog tentang Jepang dan saya tidakk memiliki foto tentang Jepang. terima kasih

    ReplyDelete

Kritik dan Saran serta Komentar kalian sangat berpengaruh untuk blog ini. Terima Kasih.

Back to top